Branding produk merupakan istilah, simbol, atau desain yang memberikan sebuah identitas yang berbeda pada produk. Supaya bisa menciptakan identitas yang berbeda tersebut, dibutuhkan penerapan strategi branding produk yang baik dan terarah.
Ada beberapa bagian penting dalam menentukan penciptaan branding produk, antara lain nama, logo, desain, pesan, deskripsi, dan kemasan. Semua bagian ini menjadi satu kesatuan untuk mempengaruhi perasaan dan perilaku konsumen. Kamu dapat dengan mudah menemukan Branding produk baik secara offline maupun online, di mana produk biasanya memiliki brand yang berbeda dengan berbagai desain, warna, bentuk, dan lainnya.
1. Mengenal Target Audiens dan Kompetitor Bisnis sebagai Langkah Awal Strategi Branding Produk
Apa langkah pertama Strategi branding produk? Kamu harus mengenal target audiens yang tepat untuk memasarkan produk dan mencari tahu lebih dalam mengenai kompetitor sejenis.
Kamu bisa memperhatikan kebutuhan dan minat target audiens untuk membantu kamu memikirkan saluran yang tepat untuk menjangkau mereka. Penerapan strategi ini bisa kamu lakukan untuk memahami kesesuaian brand dengan kebutuhan dan minat target audiens.
Memasarkan produk pada target audiens yang tepat dapat membantu kamu memperoleh keuntungan dan penjualan yang lebih banyak. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan pemasaran dengan mencari tahu kompetitor sejenis dan menganalisis siapa saja yang menggunakan produk mereka berdasarkan informasi dan perilaku konsumen.
Hal tersebut dapat menjadi cara tercepat dalam menganalisis perilaku konsumen terhadap produk sejenis dan kamu bisa memanfaatkannya untuk branding produk kamu.
2. Nama Brand dan Desain Logo Harus Menarik dan Mudah Diingat
Strategi branding produk yang kedua adalah dengan membuat nama brand dan desain logo yang mewakili produk. Kedua elemen ini harus memiliki hal yang unik agar memberikan kesan mendalam dan mudah diingat oleh konsumen.
Dalam menciptakan nama brand, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pertama, nama yang kamu buat harus unik agar lebih mudah menarik perhatian konsumen, dan yang kedua, harus menyesuaikan ciri khas dari bisnis kamu. Namun, kamu perlu perhatikan bahwa nama brand tersebut harus mudah dilafalkan.
Sementara untuk logo, kamu bisa membuat desain logo yang mewakili image produk kamu tanpa membuat terlalu banyak atribut mencolok. Logo dengan desain yang menarik tapi effortless akan lebih memorable bagi konsumen. Nantinya, logo yang telah kamu buat tersematkan pada setiap materi pemasaran, seperti kemasan produk, konten media sosial, dan lainnya.
3. Membuat Pesan Brand yang Kuat, Efektif, dan Konsisten
Strategi branding produk yang ketiga adalah membuat pesan brand yang kuat, efektif, dan konsisten. Kamu bisa membuat pesan yang singkat, tapi ampuh menyampaikan maksud dan tujuan dari brand agar strategi branding lebih efektif.
Gunakan pesan yang telah kamu buat tersebut secara konsisten di seluruh materi dan saluran, seperti kemasan produk, situs web bisnis, hingga publikasi konten di media sosial. Pesan yang konsisten dapat membantu kamu memperoleh konsumen yang ideal.
4. Melakukan Kampanye dengan Menyisipkan Nilai-Nilai pada Produk
Strategi branding produk yang keempat adalah melakukan campaign atau kegiatan kampanye dengan menyisipkan nilai-nilai khusus pada produk. Jadi, kampanye yang kamu lakukan bukan hanya bertujuan untuk memperoleh lebih banyak konsumen, tapi juga membangun hubungan yang lebih dalam dengan mereka.
Kampanye bisa kamu lakukan secara online maupun offline. Namun, saat ini banyak pelaku bisnis yang melakukan kampanye di media sosial karena jangkauannya yang luas, lebih terarah, dan biaya relatif terjangkau.
Buatlah kampanye yang tidak hanya memberikan konten edukasi mengenai produk, tapi juga memiliki nilai dan pesan dengan tujuan dan motivasi yang sejalan dengan konsumen.
KEUNTUNGAN SPONSORSHIP BAGI PERUSAHAAN SERTA TIPS UNTUK MEMBANGUN BRAND DALAM ACARA FESTIVAL BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN
Sponsorship adalah sebuah bentuk dukungan, baik secara material maupun finansial dari perusahaan ke pihak perorangan, acara tertentu, organisasi dari event, dan acara yang lainnya. Tetapi dukungan dalam bentuk finansial tersebut akan dibayar dengan adanya timbal balik dari pihak organisasi dengan promosi produk yang sudah ada kesepakatan tertentu.
Pengertian Sponsorship dan Tips Membangun Brand
Merupakan suatu elemen yang penting dalam dunia bisnis, jika tidak ada sponsorship maka bisnis tersebut tidak akan berjalan lancar. Banyak yang mengira bahwa sponsorship merupakan iklan yang biasanya mereka lihat di kehidupan sehari-hari. Contohnya iklan online, iklan sosmed, maupun iklan TV. Tetapi nyatanya sponsorship berbeda dengan sponsor biasa.
Program sponsorship merupakan sebuah kegiatan penerapan sistem promosi maupun iklan pada calon konsumen. Nah, aktivitas ini tentunya sangat berbeda dengan sponsor biasa. Titik fokus dari sponsorship yaitu aktivitas pemasaran iklan.
Selain itu, dari pihak perusahaan produsen juga akan melakukan kerjasama dengan pihak lain yang mempunyai tugas di dalam mengiklankan produk kepada masyarakat. Pihak ini akan menjembatani proses promosi barang dengan adanya timbal balik yang tentu saling menguntungkan.
Dalam marketing, sponsorship merupakan sebuah bentuk kegiatan berbasis kesepakatan dari pihak pengiklan serta pihak yang ingin memasang iklan. Umumnya, kesepakatan berbentuk pembatasan dalam sejumlah dana yang sudah disetujui oleh pihak pengiklan. Sebagai gantinya, pihak iklan harus dapat mempromosikan produk yang telah diberikan pihak perusahaan kepada masyarakat luas.
Jenis Sponsorship
Sampai saat ini, sponsorship kerap kali dilakukan oleh beberapa pihak, terutama pihak pemilik perusahaan maupun bisnis yang ingin lebih memaksimalkan promosi produk. Kegiatan ini dianggap lebih efektif dan efisien oleh kalangan pebisnis, sebab dapat membantu tingkatkan nilai brand maupun merek produk.
Event Sponsorship
Event sponsorship merupakan bentuk kegiatan yang mempunyai tujuan utama meningkatkan citra sebuah perusahaan maupun membuat masyarakat terus mengingat nama brand perusahaan itu.
Jenis sponsorship satu ini adalah bagian strategi dalam komunikasi bisnis yang dapat membantu serta meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat luas terkait brand perusahaan. Tujuan akhirnya yakni meningkatkan minat beli produk masyarakat.
Brand Sponsorship
Brand sponsorship merupakan jenis kegiatan yang dilakukan oleh pihak brand perusahaan dengan cara mendukung program, organisasi, maupun event yang dilakukan di tengah masyarakat.
Hingga sekarang ini, jenis sponsorship seperti brand sponsorship dikenal dengan sebuah strategi pemasaran yang cukup efektif dapat memperkenalkan nama perusahaan secara lebih meluas pada masyarakat.
Hal ini tentu dapat mendatangkan keuntungan cukup besar bagi perusahaan yang melakukan brand sponsorship.
Keuntungan Melakukan Brand Sponsorship
Nah, berikut ini keuntungan yang diperoleh, antara lain.
Bisa Meningkatkan Penjualan Produk
Melakukan kegiatan dengan cara promosi seperti ini, maka masyarakat akan lebih tertarik untuk pembelian produk. Semakin luas brand sponsorship yang dilakukan oleh pihak perusahaan, tentunya akan semakin besar kesempatan untuk diminati oleh banyak orang.
Meningkatkan Reputasi Brand
Keuntungan yang bisa pihak perusahaan rasakan dari menggunakan jenis sponsorship yang ini adalah meningkatkan reputasi brand. Seperti brand minuman yang jadi sponsor utama dari kejuaraan kelas dunia sepak bola.
Setelah mereka jadi sponsor utama, maka brand minuman ini akan semakin banyak orang kenal dan dinilai lebih di mata masyarakat.
Meningkatkan Popularitas Brand
Sponsorship adalah kegiatan mempromosikan yang berbasis kesepakatan antara dua belah pihak. Nah, dari kesempatan tersebut, bisa bantu meningkatkan popularitas sebuah brand.
Tentunya masyarakat akan susah untuk mengetahui produk kalau perusahaan tersebut tidak berusaha memperkenalkan diri pada masyarakat. Dengan adanya upaya sponsorship dan kerjasama dengan pihak lainnya, maka brand perusahaan bisa dikenal oleh masyarakat luas.
Tampil Berbeda dari Kompetitor
Melakukan kegiatan marketing dengan brand sponsorship, hal itu akan membuat brand perusahaan tampil beda dari kompetitor lain. Jika perusahaan lain masih lakukan kegiatan promosi dengan cara tradisional, maka kegiatan brand sponsorship ini adalah suatu perhelatan acara maupun organisasi yang lebih menonjol di mata masyarakat luas.
INFO KERJASAMA MEDIA PARTNER SPONSOR & SPONSORSHIP FESTIVAL BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN :
ABDURRACHMAN |
KOMITE MEDIA PROMOSI & PUBLIKASI LEMBAGA BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN : 085216320044 (klik untuk berkomunikasi lebih lanjut)
tetap terhubung dengan kami :
website resmi : www.lbbtangsel.co.id
facebook personal : https://bit.ly/
facebook page : https://bit.ly/
instagram : https://bit.ly/
website : https://www.lbbtangsel.co.
seputar lembaga budaya betawi kota tangerang selatan : https://bit.ly/
culture asosiates betawi :
festival lenong betawi : https://www.facebook.com/
pelestari budaya betawi : https://www.facebook.com/
berita betawi : https://www.facebook.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar