KEMENTERIAN PARIWISATA REPUBLIK INDONESIA

SANDIAGA SALAHUDIN UNO | FESTIVAL BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN

Berita Populer

INFORMASI SPONSORSHIP KEGIATAN EVENT LEMBAGA BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN

 

Manfaat Penting Sponsorship dalam Dunia Marketing

Dalam berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita sering mendengar istilah ‘sponsorship’. Istilah ini merupakan salah satu bagian yang cukup penting terutama dalam dunia bisnis dan sering kita temukan dalam berbagai media massa. Namun nyatanya, masih banyak orang yang menyamakan sponsor dengan iklan biasa yang sering muncul pada televisi, radio, ataupun internet. Faktanya, sponsorship lebih dari sekadar iklan yang biasa kita lihat pada televisi.

Melakukan kegiatan sponsor dalam suatu acara atau event tentunya merupakan bentuk kemitraan antara perusahaan dengan publik. Kegiatan tersebut pastinya akan menguntungkan bagi kedua belah pihak tidak hanya bagi masyarakat namun juga pihak perusahaan. Oleh karena itu, artikel ini membahas secara lebih luas mengenai pengertian, manfaat, serta media sponsorship

Pengertian Sponsorship adalah

Sponsorship adalah dukungan finansial dari perusahaan kepada suatu organisasi, individu, atau aktivitas sebagai imbalan untuk mempromosikan merek atau hubungan untuk perusahaan tersebut. Tentu saja, sponsorship dapat menambah nilai merek Anda. Saat memberikan sponsor, perusahaan biasanya dapat memilih audiens yang sesuai dengan target untuk meningkatkan citra dan keterlibatan merek, efektivitas biaya, dan lainnya.

Dalam penerapannya, perusahaan akan bekerja sama dengan pihak lain yang memiliki tugas dalam mengiklankan produknya pada masyarakat. Pihak tersebut akan menjembatani proses mempromosikan produk dalam hubungan timbal balik yang saling menguntungkan tersebut. Pada umumnya, kerjasama ini berbentuk pembayaran dalam jumlah tetap yang telah pengiklan setujui.

Manfaat Sponsorship

Sponsorship tentunya dapat membawa keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Terdapat berbagai manfaat sponsorship untuk mendukung perkembangan bisnis baik online maupun offline, antara lain:

1. Meningkatkan brand awareness

Menjadi sponsor untuk suatu kegiatan dapat membuat logo brand Anda akan tampil pada berbagai media yang tersedia dalam suatu acara. Dengan begitu, pengunjung acara tersebut secara tidak langsung akan melihat logo tersebut. Hal tersebut dapat membuat pengunjung yang mungkin belum mengenal brand Anda menjadi penasaran dan mulai mencari tahu mengenai produk yang Anda jual.

2. Reputasi merek menjadi lebih baik

Dengan menjalankan kegiatan sponsor ini, perusahaan juga dapat meningkatkan reputasi brand bagi masyarakat luas. Bayangkan apabila brand Anda menjadi sponsor dalam ajang bergengsi kejuaraan sepak bola. Setelah menjadi sponsor, dapat dipastikan bahwa brand Anda akan semakin terkenal secara luas dan memiliki nilai yang lebih bagi masyarakat. Selain itu, perusahaan tentunya akan menerima lebih banyak pembelian produk atau penawaran investasi. Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh secara positif bagi pendapatan perusahaan.

3. Diferensiasi dari kompetitor

Selain lebih dikenal, menjalankan kegiatan pemasaran berupa brand sponsorship tentunya akan membuat perusahaan Anda tampak jauh berbeda dari kompetitor. Jika perusahaan lain masih melakukan kegiatan promosi tradisional seperti menyebarkan pamflet atau memasang iklan pada media sosial, perusahaan Anda akan terlihat lebih menonjol jika menjalankan sponsorship. Oleh karena itu, pihak perusahaan tidak perlu khawatir tentang pesaing lain karena brand nya sudah terlihat berbeda.

4. Menggapai lebih banyak konsumen potensial

Tujuan utama dari sponsorship adalah agar para target pasar dapat melihat produk dan jasa yang perusahaan tawarkan. Dalam artian target pasar tidak hanya melihat produk kita, tetapi juga memiliki potensi untuk benar-benar menggunakannya. Dengan jangkauan yang luas dan awareness yang meningkat, bukan tidak mungkin sebagian orang tertarik untuk menggunakan produk Anda.

5. Meningkatkan penjualan

Manfaat umum bagi perusahaan yang tentunya kita ketahui dari melakukan sponsor adalah peningkatan penjualan produk. Alasannya adalah dengan adanya kegiatan promosi tersebut, masyarakat akan lebih tertarik untuk membeli produk. Semakin luas sponsorship yang perusahaan Anda jalankan, maka akan semakin besar kemungkinan produk Anda untuk lebih banyak orang minati.

6. Mendulang sorotan media

Pada suatu event atau acara-acara tertentu, tak jarang mereka juga meminta liputan dari berbagai media. Terlebih jika banyak artis atau tokoh penting lainnya yang menghadiri acara tersebut. Media tentu lebih tertarik memberitakan kegiatan yang menarik tokoh-tokoh penting dan artis terkenal. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan kegiatan sponsorship marketing tersebut. Dengan publisitas dari berbagai media, tentunya akan menjadikan logo brand Anda muncul pada media-media tersebut.

Media dalam Menjalankan Sponsorship

Seperti yang Anda ketahui, tujuan utama dari strategi pemasaran dengan sponsor ini adalah untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Tetapi sebelum perusahaan memilih siapa yang ingin disponsorinya, perusahaan juga perlu mempertimbangkan media atau sarana yang tepat dan sesuai dengan value perusahaan. Maka, berikut adalah berbagai media yang dapat Anda pertimbangkan untuk melakukan kegiatan ini:

  • Media cetak: Media cetak yang termasuk dalam hal ini adalah spanduk, pamflet, dan sebagainya. Logo Anda juga dapat muncul saat penyelenggara mengiklankan acaranya pada media cetak.
  • Media elektronik: Jika Anda mensponsori acara yang tayang dalam acara TV atau radio, Anda dapat memiliki slot sendiri untuk logo Anda selama acara berlangsung.
  • Booth: Dengan mempersiapkan stand atau booth khusus dalam suatu acara, hal ini tentunya akan membantu Anda terhubung dan berinteraksi langsung dengan pelanggan.
  • Segmen: Pemasaran dalam segmen atau sisipan dalam suatu acara juga merupakan salah satu bentuk sponsorship. Segmen memberikan kesempatan untuk mengambil alih acara dan mengubahnya menjadi media untuk menjual atau memperkenalkan produk Anda.

tentunya LEMBAGA BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN (LBB-TANGSEL) dalam hal ini dalam kebidangan komite media promosi & publikasi LBB-TANGSEL dalam peranan ini sangat penting selain membuat kerjasama antara keduabelah pihak saling menguntungkan serta mengajak seluruh unsur perusahaan / brand yang saling berkaitan demi menjaga kelestarian kebudayaan di indonesia, khususnya di kota tangerang selatan, memiliki bonus demografi penduduk asli daerah betawi terbanyak di DKI jakarta, kota tangerang selatan menjadi target yang tepat dalam kerjasama media partner & sponsorhip, tentunya memiliki keuntungan dengan jaringan LEMBAGA BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN dalam kerjasama dalam bidang pengembangan sumber daya manusia

kehadiran LEMBAGA BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN sangat berperan penting demi kebudayaan yang berkelanjutan, membina para pelaku budaya, mengembangkan potensi sanggar dan melestarikan seluruh aspek estetika seutuhnya yang mengalir serta tidak merubah dan menambahkan seni betawi ke pada generasi berikutnya

Seni dan perkembangannya merupakan sesuatu yang wajib untuk di perjuangkan oleh sebuah lembaga yang menaungi kesenian dan para seniman, sehingga lembaga tersebut menjadi wadah perjuangan dan berhimpunnya para seniman dari berbagai disiplin seni yang ada di kota Tangerang Selatan. Seniman sebagai bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat, sudah selayaknya di ayomi, dibina, dan di beri ruang untuk berkarya dan beraktivitas dalam memperjuangkan karya dan gagasannya. Proses pembinaan dan pengembangan budaya tidak hanya melalui kegiatan-kegiatan berkesenian akan tetapi juga melalui kegiatan-kegiatan; penalaran, penelusuran minat dan momentum-momentum seni dan budaya yang ada di Kota Tangerang Selatan.

KOMITE MEDIA PROMOSI & PUBLIKASI LEMBAGA BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN

ABDURRACHMAN : 085216320044

MEDIA & PROMOSI LEMBAGA BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN

WEBSITE RESMI LBB TANGSEL
https://www.lbbtangsel.co.id

FANS PAGE RESMI FACEBOOK LBB TANGSEL
https://m.facebook.com/lbbtangsel.binakembanglestari/

FANS PAGE RESMI INSTAGRAM LBB TANGSEL
https://instagram.com/lbbtangsel?igshid=5shkxb2tcazg

FANS PAGE RESMI TWITTER LBB TANGSEL
https://mobile.twitter.com/tangsel_lbb

YOUTUBE RESMI LBB TANGSEL
https://www.youtube.com/channel/UC7kYZ_ysVKLLHovLjZSYgvA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LIVE STREAMING FESTIVAL BUDAYA BETAWI 2022

MALAM PUNCAK FESTIVAL BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN 2022 | 20 NOVEMBER 2022

TEASER FESTIVAL BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN :

SPONSORSHIP :

SPONSORSHIP :

MEDIA PARTNER :

MEDIA PARTNER :

website this association on

www.lbbtangsel.co.id

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *