KEMENTERIAN PARIWISATA REPUBLIK INDONESIA

SANDIAGA SALAHUDIN UNO | FESTIVAL BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN

Berita Populer

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, usulkan festival budaya betawi kota tangerang selatan masuk dalam Kharisma Event Nusantara atau KEN

 


LBB – TANGSEL, 17 Oktober 2022

LEMBAGA BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN (LBB – TANGSEL) merupakan sebuah organisasi pengaokomodir para pelaku, seniman Budaya Betawi Kota Tangerang Selatan yang telah tercatat di Akta Notaris dan Menkumham pada tahun 2017, dalam sebuah perjalanan untuk memberikan kontribusi positif terhadah daerah khususnya bidang Seni dan Budaya Betawi di Kota Tangerang Selatan dengan melakukan kegiatan pembinaan yang berbentuk event atau perlombaan sejak tahun 2015 yaitu Festival Lenong dengan tujuan bahwa Lenong sebagai icon Budaya Betawi Kota Tangerang Selatan.


 

Festival Lenong merupakan sebagai kegiatan rutin tahunan dalam rangka Hut Kota Tangerang Selatan pada tiap tahunnya dengan menggunakan anggaran APBD terhitung dari tahun 2016 – 2019, namun pada tahun 2022 ini, kegiatan tidak dianggarkan oleh pemerintah Daerah,

walau begitu LBB – TANGSEL berusaha untuk memberikan inovasi terbaik dibidang budaya kearifan lokal yaitu Budaya Betawi Kota Tangerang Selatan.

 

Tahun 2022 ini, Untuk mengikuti arahan pemerintah Daerah bahwa Festival Lenong dengan rangkaiannya merubah nama menjadi Festival Budaya Betawi Kota Tangerang Selatan dengan rangkaian festival-festival kebudayaan di dalamnya, seperti Festival Lenong, Palang Pintu, Rebut Dandang, Kuliner Betawi, Hadroh/Qosidah dan Tari Betawi.

 

Inovasi tahun ini dengan melibatkan para pejabat daerah dari dalam, luar daerah dan pusat seperti Presiden Republik Indonesia, Menteri Kemenparekraf / Baperekraf Republik Indonesia Dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Republik Indonesia.

 

Ketua Umum Lembaga Budaya Betawi Kota Tangerang Selatan Bersama Ketua Penyelenggara Festival Budaya Betawi Kota Tangerang Selatan Ahmad Riva’I dan panitia lainnya saat audiensi kegiatan dengan staf Menteri Kemenparekraf / Baperekraf Republik Indonesia bapak Hafiz Agung Rifai (plh. Direktur Ivent Daerah atau Koordinator Bidang Event Wilayah 1) yang didampingi asisten Direktur.

 

Kehadiran Panitia Penyelenggara Festival Budaya Betawi Kota Tangerang Selatan di Kantor Kementerian adalah untuk menyampaikan Keterlibatan Menteri Kemenparekraf / Baperekraf Republik Indonesia Dr. H. SANDIAGA SALAHUDDIN UNO, B.B.A, M.B.A sebagai salah satu pemeran dalam penampilan Lenong Megapolitan dan sekaligus penyerahan Naskah.

 


Dalam audiensi ini, pak Hafiz selaku Koordinator Bidang Event Wilayah 1, menyampaikan bahwa pak Menteri sangat konsen dengan event kebetawian seperti kehadiaran beliau pada kegiatan-kegiatan kebetawian yang diselenggarakan oleh masyarakat Betawi seperti di daerah Depok, Bekasi dan lainnya, mudah-mudahan beliau pun dapat hadir pada kegiatan Festival Budaya Betawi yang diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan, terkait keterlibatan pak Menteri sebagai salah satu pemeran akan dikoordinasikan kepada tim asmen untuk menjadwalkan pak Menteri pada kegiatan tersebut dan Kementerian juga akan membantu promosi kegiatan melalui media-media yang sudah bekerjasama dengan kementerian Kemenparekraf / Baperekraf Republik Indonesia.

 

Saat sela-sela audiensi pak Hafiz menyampaikan bahwa Kementerian Kemenparekraf / Baperekraf Republik Indonesia akan bersurat kepada Dinas Pariwisata Banten untuk di tahun 2023 agar kegiatan Festival Budaya Betawi Kota Tangerang Selatan dimasukan dalam agenda Kementerian sebagai event unggulan daerah.

 

Dalam penutup rapat audiensi Ketua penyelenggara menyampaikan kehadiran Menteri Kemenparekraf / Baperekraf Republik Indonesia di kegiatan Festival Budaya Betawi Kota Tangerang Selatan akan berefek positif pada pelestarian budaya lokal dan menjadi sebuah motivasi kepada para pelaku seni dan budaya Betawi di Kota Tangerang Selatan.


Kharisma Event Nusantara atau KEN, merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LIVE STREAMING FESTIVAL BUDAYA BETAWI 2022

MALAM PUNCAK FESTIVAL BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN 2022 | 20 NOVEMBER 2022

TEASER FESTIVAL BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN :

SPONSORSHIP :

SPONSORSHIP :

MEDIA PARTNER :

MEDIA PARTNER :

website this association on

www.lbbtangsel.co.id

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *