KEMENTERIAN PARIWISATA REPUBLIK INDONESIA

SANDIAGA SALAHUDIN UNO | FESTIVAL BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN

Berita Populer

Macam-macam Strategi Branding | FESTIVAL BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN 2022

 


Pengertian dari brand strategy secara umum adalah manajemen merk yang adalah bagian strategi bisnis suatu perusahaan yang memiliki tujuan mengatur keseluruhan elemen brand atau merek di dalam hubungannya dengan perilaku dan sikap konsumen. Untuk perusahaan besar dan sudah kuasai pasar, pastinya memiliki kewajiban mempertahankan ekuitas dari merek atau brand itu.

Nah, untuk mempertahankan itu adalah dengan mengelola brand strategy secara baik. Dengan begitu, bisa mempertahankan tingginya nilai dari merek atau brand yang dipunyai. Namun, pengelolaan strategi merek atau brand yang baik tidak untuk perusahaan besar saja, akan tetapi termasuk perusahaan kecil. Pada hal ini, perusahaan kecil berkewajiban untuk meningkatkan ekuitas brand.

Lalu sebenarnya apa itu strategi branding atau brand strategy? Apa saja macamnya? Berikut ini pembahasannya.

Pengertian Strategi Merek atau Brand Strategy

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang strategi merek, tentu Anda harus mengetahui lebih dahulu mengenai pengertiannya. Menurut beberapa ahli, strategi merek atau brand strategy pengertiannya adalah sebagai berikut:

  • Menurut Van Riel dan Bruggen (2002), strategi merek atau brand strategy merupakan suatu rencana tersistematisasi serta proses implementasi pembentukan serta pemeliharaan reputasi baik.
  • Menurut Schultz dan Barnes (1999), brand strategy merupakan manajemen suatu brand atau merek yang mana ada berbagai aktivitas atau kegiatan yang mengatur semua elemen yang mempunyai tujuan membentuk suatu brand atau merek.

Ada beberapa pilihan menentukan strategi merek perusahaan, seperti:

  • Strategi Perluasan Lini Produk (Product Line Extension Strategy)

Product line extension strategy atau strategi perluasan lini produk ini merupakan strategi merek yang mana perusahaan membuat produk baru atau tambahan di dalam lini produk sama dan juga memakai brand sama. Akan tetapi, hal itu dilakukan dengan tambahan fitur yang tertentu di produk yang baru, misalnya kandungan, desain, rasa, bentuk dan lain-lainnya. Biasanya strategi ini dipakai perusahaan yang telah mendapatkan kesuksesan dengan brand atau merek produk yang pertama.

  • Strategi Perluasan Merek (Brand Extension Strategy)

Brand extension strategy atau strategi perluasan merek ini merupakan strategi branding yang mana perusahaan akan mengambil kebijakan menggunakan merek yang telah ada serta sudah sukses di pasaran untuk digunakan menjadi merek produk yang baru pada lini produk berbeda. Dengan menggunakan brand atau merek yang telah ada, perusahaan mempunyai harapan pada proses pengenalan produk ke pasaran lebih mudah jadinya. Hal itu karena brand atau merek yang dipakai sudah dikenal oleh para konsumen.

  • Strategi Banyak Merek (Multi Brand Strategy)

Multi brand strategy atau strategi banyak merek ini merupakan strategi merek yang mana perusahaan menggunakan banyak brand atau merek produk yang dijual di dalam sebuah kategori produk sama. Salah satu alasan yang melatarbelakangi penggunaan strategi ini adalah perusahaan tidak ingin untuk kinerjak dari merek yang telah ada menjadi terganggu. Dengan begitu, ketika akan membuat lini produk menjadi lebih luas, maka perusahaan akan untuk membuat merek yang baru.

  • Strategi Merek Bersama (Co-Branding Strategy)

Co branding strategy atau merek bersama merupakan strategi merek yang mana perusahaan atau beberapa perusahaan melakukan kerja sama menggunakan atau menggabungkan dua brand atau merek untuk sebuah produk. Strategi merek ini dipakai bertujuan mendapatkan kekuatan dari merek-merek yang dipakai tersebut. Biasanya strategi ini dipakai perusahaan besar yang telah punya merek sangat kuat dan terkenal. Dengan begitu, pengguna dari 2 merek digabungkan akan semakin membuat kedudukan produk di pasaran semakin kuat.

Nah, demikian pembahasan tentang beberapa macam strategi branding yang paling umum saat ini. Semoga bermanfaat.

KEUNTUNGAN SPONSORSHIP BAGI PERUSAHAAN SERTA TIPS UNTUK MEMBANGUN BRAND DALAM ACARA FESTIVAL BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN


Sponsorship adalah sebuah bentuk dukungan, baik secara material maupun finansial dari perusahaan ke pihak perorangan, acara tertentu, organisasi dari event, dan acara yang lainnya. Tetapi dukungan dalam bentuk finansial tersebut akan dibayar dengan adanya timbal balik dari pihak organisasi dengan promosi produk yang sudah ada kesepakatan tertentu.

Pengertian Sponsorship dan Tips Membangun Brand

Merupakan suatu elemen yang penting dalam dunia bisnis, jika tidak ada sponsorship maka bisnis tersebut tidak akan berjalan lancar. Banyak yang mengira bahwa sponsorship merupakan iklan yang biasanya mereka lihat di kehidupan sehari-hari. Contohnya iklan online, iklan sosmed, maupun iklan TV. Tetapi nyatanya sponsorship berbeda dengan sponsor biasa.

Program sponsorship merupakan sebuah kegiatan penerapan sistem promosi maupun iklan pada calon konsumen. Nah, aktivitas ini tentunya sangat berbeda dengan sponsor biasa. Titik fokus dari sponsorship yaitu aktivitas pemasaran iklan.

Selain itu, dari pihak perusahaan produsen juga akan melakukan kerjasama dengan pihak lain yang mempunyai tugas di dalam mengiklankan produk kepada masyarakat. Pihak ini akan menjembatani proses promosi barang dengan adanya timbal balik yang tentu saling menguntungkan.

Dalam marketing, sponsorship merupakan sebuah bentuk kegiatan berbasis kesepakatan dari pihak pengiklan serta pihak yang ingin memasang iklan. Umumnya, kesepakatan berbentuk pembatasan dalam sejumlah dana yang sudah disetujui oleh pihak pengiklan. Sebagai gantinya, pihak iklan harus dapat mempromosikan produk yang telah diberikan pihak perusahaan kepada masyarakat luas.

Jenis Sponsorship

Sampai saat ini, sponsorship kerap kali dilakukan oleh beberapa pihak, terutama pihak pemilik perusahaan maupun bisnis yang ingin lebih memaksimalkan promosi produk. Kegiatan ini dianggap lebih efektif dan efisien oleh kalangan pebisnis, sebab dapat membantu tingkatkan nilai brand maupun merek produk.

Event Sponsorship

Event sponsorship merupakan bentuk kegiatan yang mempunyai tujuan utama meningkatkan citra sebuah perusahaan maupun membuat masyarakat terus mengingat nama brand perusahaan itu.

Jenis sponsorship satu ini adalah bagian strategi dalam komunikasi bisnis yang dapat membantu serta meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat luas terkait brand perusahaan. Tujuan akhirnya yakni meningkatkan minat beli produk masyarakat.

Brand Sponsorship

Brand sponsorship merupakan jenis kegiatan yang dilakukan oleh pihak brand perusahaan dengan cara mendukung program, organisasi, maupun event yang dilakukan di tengah masyarakat.

Hingga sekarang ini, jenis sponsorship seperti brand sponsorship dikenal dengan sebuah strategi pemasaran yang cukup efektif dapat memperkenalkan nama perusahaan secara lebih meluas pada masyarakat.

Hal ini tentu dapat mendatangkan keuntungan cukup besar bagi perusahaan yang melakukan brand sponsorship.

Keuntungan Melakukan Brand Sponsorship

Nah, berikut ini keuntungan yang diperoleh, antara lain.

Bisa Meningkatkan Penjualan Produk

Melakukan kegiatan dengan cara promosi seperti ini, maka masyarakat akan lebih tertarik untuk pembelian produk. Semakin luas brand sponsorship yang dilakukan oleh pihak perusahaan, tentunya akan semakin besar kesempatan untuk diminati oleh banyak orang.

Meningkatkan Reputasi Brand

Keuntungan yang bisa pihak perusahaan rasakan dari menggunakan jenis sponsorship yang ini adalah meningkatkan reputasi brand. Seperti brand minuman yang jadi sponsor utama dari kejuaraan kelas dunia sepak bola.

Setelah mereka jadi sponsor utama, maka brand minuman ini akan semakin banyak orang kenal dan dinilai lebih di mata masyarakat.

Meningkatkan Popularitas Brand

Sponsorship adalah kegiatan mempromosikan yang berbasis kesepakatan antara dua belah pihak. Nah, dari kesempatan tersebut, bisa bantu meningkatkan popularitas sebuah brand.

Tentunya masyarakat akan susah untuk mengetahui produk kalau perusahaan tersebut tidak berusaha memperkenalkan diri pada masyarakat. Dengan adanya upaya sponsorship dan kerjasama dengan pihak lainnya, maka brand perusahaan bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Tampil Berbeda dari Kompetitor

Melakukan kegiatan marketing dengan brand sponsorship, hal itu akan membuat brand perusahaan tampil beda dari kompetitor lain. Jika perusahaan lain masih lakukan kegiatan promosi dengan cara tradisional, maka kegiatan brand sponsorship ini adalah suatu perhelatan acara maupun organisasi yang lebih menonjol di mata masyarakat luas.

INFO KERJASAMA MEDIA PARTNER SPONSOR & SPONSORSHIP FESTIVAL BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN :


ABDURRACHMAN

KOMITE MEDIA PROMOSI & PUBLIKASI LEMBAGA BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN : 085216320044 (klik untuk berkomunikasi lebih lanjut)

tetap terhubung dengan kami :

website resmi : www.lbbtangsel.co.id


facebook personal : https://bit.ly/facebookperson\

facebook page : https://bit.ly/facebookpagessss

instagram : https://bit.ly/lbbtangselinstagram

website : https://www.lbbtangsel.co.id/

seputar lembaga budaya betawi kota tangerang selatan : https://bit.ly/beritalbbtangsel

culture asosiates betawi :

festival lenong betawi : https://www.facebook.com/Festivallenongbetawi

pelestari budaya betawi : https://www.facebook.com/pelestaribudayabetawi

berita betawi : https://www.facebook.com/beritabetawimasakini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LIVE STREAMING FESTIVAL BUDAYA BETAWI 2022

MALAM PUNCAK FESTIVAL BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN 2022 | 20 NOVEMBER 2022

TEASER FESTIVAL BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN :

SPONSORSHIP :

SPONSORSHIP :

MEDIA PARTNER :

MEDIA PARTNER :

website this association on

www.lbbtangsel.co.id

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *