Strategi branding merupakan sebuah usaha untuk mengenalkan nilai-nilai bisnis kepada konsumen. Hal ini terbagi dalam beberapa aspek, seperti nama, logo, merek, tagline, slogan hingga ke penggunaan warna khusus.
Pada intinya strategi branding berusaha untuk menyampaikan kekhasan yang dimiliki oleh sebuah bisnis kepada target pasarnya.
Branding yang paling berhasil adalah ketika satu brand sudah mampu kuat bahkan hingga selalu teringat ke tiap orang. Contohnya Indomie yang bagi sebagian orang mengidentikkannya dengan mie instan bahkan jika produknya berasal dari merek lain. Ini contoh membangun citra positif merek yang tepat.
Branding diperlukan untuk menciptakan atau mempertahankan image produk pada konsumen. Ketika image dari brand sudah kuat, maka kepercayaan konsumen akan melekat pada produk tersebut.
Ada enam strategi branding yang bisa dijalankan untuk menghasilkan upaya branding yang sukses dan juga berhasil
1. Menggunakan logo yang sesuai
Dalam branding, tentunya wajib menggunakan logo yang sesuai dengan image produk. Hal ini penting dilakukan agar lekat dalam ingatan konsumen. Logo yang sesuai dapat ditempatkan pada setiap marketing material yang disiapkan. Misalnya, dalam kemasan produk, ataupun pada foto profil yang dipasang di akun bisnis media sosial.
2. Memiliki pesan brand
Branding strategy berikutnya yaitu membuat pesan dari brand. Buatlah tagline yang singkat, namun ampuh menyampaikan pesan dari brand tersebut agar strategi pemasaran lebih efektif. Misalnya, pada produk Teh Botol Sosro, yang memilih tagline “Apa pun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”. Artinya, Sosro ingin mendorong konsumen untuk percaya bahwa hidangan apapun jenisnya, pasangan untuk melepas dahaga adalah Teh Botol Sosro.
3. Mengintegrasikan brand
Sebuah brand akan tersampaikan dengan efektif apabila menaruh branding pada setiap kegiatan bisnis yang dijalankan. Misalnya, yaitu dengan meletakkan logo pada setiap produk kemasan, iklan yang ditayangkan, ataupun pada media sosial. Dengan mengintegrasikan brand, brand akan lebih dikenal luas dengan konsumen.
4. Menciptakan pesan yang sesuai dengan brand
Dalam branding, memiliki gaya komunikasi yang sesuai dengan brand itu wajib. Jika suatu brand merefleksikan kesan maskulin, maka pilihlah gaya komunikasi yang sesuai.
Kamu bisa menemukannya di iklan L-Men, yang memiliki branding maskulin. Misalnya, adanya warna gelap pada tiap kemasan produknya, dan tagline yang maskulin, yaitu “It Works”.
5. Melakukan Soft Campaign
Soft campaign bisa dilakukan di media online maupun media offline. Namun, kini banyak pelaku bisnis yang melakukan soft campaign di media sosial karena jangkauannya lebih luas, terukur, dan biaya relatif affordable.
Misalnya, buatlah konten yang berisi informasi mengenai brand yang ingin dikenalkan. Dengan begitu, konsumen akan teredukasi dan menciptakan image yang baik bagi suatu brand.
6. Konsisten
Strategi branding yang terakhir adalah konsisten. Kamu sebaiknya menjalani strategi ini dengan konsisten, sehingga branding yang ingin dikomunikasikan berhasil dan juga sukses. Selain itu, konsumen juga tidak akan bingung saat berusaha memahami suatu brand tertentu.
INFORMASI KERJA SAMA SPONSORSHIP EVENT LEMBAGA BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN :
KEUNTUNGAN SPONSORSHIP BAGI PERUSAHAAN SERTA TIPS UNTUK MEMBANGUN BRAND DALAM ACARA FESTIVAL BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN
Sponsorship adalah sebuah bentuk dukungan, baik secara material maupun finansial dari perusahaan ke pihak perorangan, acara tertentu, organisasi dari event, dan acara yang lainnya. Tetapi dukungan dalam bentuk finansial tersebut akan dibayar dengan adanya timbal balik dari pihak organisasi dengan promosi produk yang sudah ada kesepakatan tertentu.
Pengertian Sponsorship dan Tips Membangun Brand
Merupakan suatu elemen yang penting dalam dunia bisnis, jika tidak ada sponsorship maka bisnis tersebut tidak akan berjalan lancar. Banyak yang mengira bahwa sponsorship merupakan iklan yang biasanya mereka lihat di kehidupan sehari-hari. Contohnya iklan online, iklan sosmed, maupun iklan TV. Tetapi nyatanya sponsorship berbeda dengan sponsor biasa.
Program sponsorship merupakan sebuah kegiatan penerapan sistem promosi maupun iklan pada calon konsumen. Nah, aktivitas ini tentunya sangat berbeda dengan sponsor biasa. Titik fokus dari sponsorship yaitu aktivitas pemasaran iklan.
Selain itu, dari pihak perusahaan produsen juga akan melakukan kerjasama dengan pihak lain yang mempunyai tugas di dalam mengiklankan produk kepada masyarakat. Pihak ini akan menjembatani proses promosi barang dengan adanya timbal balik yang tentu saling menguntungkan.
Dalam marketing, sponsorship merupakan sebuah bentuk kegiatan berbasis kesepakatan dari pihak pengiklan serta pihak yang ingin memasang iklan. Umumnya, kesepakatan berbentuk pembatasan dalam sejumlah dana yang sudah disetujui oleh pihak pengiklan. Sebagai gantinya, pihak iklan harus dapat mempromosikan produk yang telah diberikan pihak perusahaan kepada masyarakat luas.
Jenis Sponsorship
Sampai saat ini, sponsorship kerap kali dilakukan oleh beberapa pihak, terutama pihak pemilik perusahaan maupun bisnis yang ingin lebih memaksimalkan promosi produk. Kegiatan ini dianggap lebih efektif dan efisien oleh kalangan pebisnis, sebab dapat membantu tingkatkan nilai brand maupun merek produk.
Event Sponsorship
Event sponsorship merupakan bentuk kegiatan yang mempunyai tujuan utama meningkatkan citra sebuah perusahaan maupun membuat masyarakat terus mengingat nama brand perusahaan itu.
Jenis sponsorship satu ini adalah bagian strategi dalam komunikasi bisnis yang dapat membantu serta meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat luas terkait brand perusahaan. Tujuan akhirnya yakni meningkatkan minat beli produk masyarakat.
Brand Sponsorship
Brand sponsorship merupakan jenis kegiatan yang dilakukan oleh pihak brand perusahaan dengan cara mendukung program, organisasi, maupun event yang dilakukan di tengah masyarakat.
Hingga sekarang ini, jenis sponsorship seperti brand sponsorship dikenal dengan sebuah strategi pemasaran yang cukup efektif dapat memperkenalkan nama perusahaan secara lebih meluas pada masyarakat.
Hal ini tentu dapat mendatangkan keuntungan cukup besar bagi perusahaan yang melakukan brand sponsorship.
Keuntungan Melakukan Brand Sponsorship
Nah, berikut ini keuntungan yang diperoleh, antara lain.
Bisa Meningkatkan Penjualan Produk
Melakukan kegiatan dengan cara promosi seperti ini, maka masyarakat akan lebih tertarik untuk pembelian produk. Semakin luas brand sponsorship yang dilakukan oleh pihak perusahaan, tentunya akan semakin besar kesempatan untuk diminati oleh banyak orang.
Meningkatkan Reputasi Brand
Keuntungan yang bisa pihak perusahaan rasakan dari menggunakan jenis sponsorship yang ini adalah meningkatkan reputasi brand. Seperti brand minuman yang jadi sponsor utama dari kejuaraan kelas dunia sepak bola.
Setelah mereka jadi sponsor utama, maka brand minuman ini akan semakin banyak orang kenal dan dinilai lebih di mata masyarakat.
Meningkatkan Popularitas Brand
Sponsorship adalah kegiatan mempromosikan yang berbasis kesepakatan antara dua belah pihak. Nah, dari kesempatan tersebut, bisa bantu meningkatkan popularitas sebuah brand.
Tentunya masyarakat akan susah untuk mengetahui produk kalau perusahaan tersebut tidak berusaha memperkenalkan diri pada masyarakat. Dengan adanya upaya sponsorship dan kerjasama dengan pihak lainnya, maka brand perusahaan bisa dikenal oleh masyarakat luas.
Tampil Berbeda dari Kompetitor
Melakukan kegiatan marketing dengan brand sponsorship, hal itu akan membuat brand perusahaan tampil beda dari kompetitor lain. Jika perusahaan lain masih lakukan kegiatan promosi dengan cara tradisional, maka kegiatan brand sponsorship ini adalah suatu perhelatan acara maupun organisasi yang lebih menonjol di mata masyarakat luas.
INFO KERJASAMA MEDIA PARTNER SPONSOR & SPONSORSHIP FESTIVAL BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN :
ABDURRACHMAN |
KOMITE MEDIA PROMOSI & PUBLIKASI LEMBAGA BUDAYA BETAWI KOTA TANGERANG SELATAN : 085216320044 (klik untuk berkomunikasi lebih lanjut)
tetap terhubung dengan kami :
website resmi : www.lbbtangsel.co.id
facebook personal : https://bit.ly/
facebook page : https://bit.ly/
instagram : https://bit.ly/
website : https://www.lbbtangsel.co.
seputar lembaga budaya betawi kota tangerang selatan : https://bit.ly/
culture asosiates betawi :
festival lenong betawi : https://www.facebook.com/
pelestari budaya betawi : https://www.facebook.com/
berita betawi : https://www.facebook.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar